Krupuk Usek Paninggaran



Krupuk Usek Camilan Nikmat Khas Paninggaran

(Foto: Krupuk Usek Paninggaran)
 
                Krupuk Usek merupakan salah satu kuliner camilan khas di Kecamatan Paninggaran. Corak utama dari camilan ini adalah memiliki cita rasa yang sangat renyah dan gurih, sehingga krupuk usek ini sangat cocok untuk dimakan sebagai camilan diwaktu santai, teman hidangan menjamu tamu, menu camilan acara hajatan pernikahan dan khitanan, bahkan sangat nikmat juga sebagai teman lauk makan berat (sarapan, makan siang, dan makan malam).
                Krupuk Usek ini termasuk dalam kategori camilan yang paling populer dikalangan masyarakat paninggaran pada khususunya, bahkan meraambah populer juga di tingkat Kabupaten Pekalongan. Hal ini terbukti dengan ditandai banyaknya took-toko, warung yang menjual produk camilan ini disepanjang kecamatan kajen, bojong, kedungwuni, karanganyar, wiradesa dan bahkan disekitaran Pekalongan Kota.
                Krupuk Usek ini diproduksi secara alami dan manual dengan menggunakan tenaga manusia. Komposisi bahan yang digunakan pun sangat sederhana dan alami tanpa menggunakan bahan pengawet campuran dari bahan kimia berbahaya. Jika sedikit mengintip dapur pembuatan krupuk usek khas paninggaran ini, berikut komposisi bahan-bahan yang digunakannya:

·      Tepung Tapioka
·      Garam
·      Terasi
·      Penyedap Rasa
·      Pewarna Makanan
·      Ketumbar
·      Bawang Putih

Tidak diragukan lagi jika kerupuk usek paninggaran ini dijamin super enak, renyah serta gurih dan dijamin aman dikonsumsi untuk semua kalangan dan umur. Tidak perlu kita memiliki uang banyak, dengan dompet tipispun kita dapat membeli camilan ini. Secara umum, camilan ini dibanderol dengan harga yang beragam. Tergantung minat para pembeli, apakah hendak membeli krupuk usek yang biasa ataupun krupuk usek yang sudah dibumbui (biasa disebut usek kremes).
Pada umumnya, masyarakat paninggaran membeli produk camilan ini di pasar terdekat, yakni Pasar Paninggaran. Camilan dibeli dalam bentuk krupuk yang masih  biasa (belum dibumbui atau kremes), kemudian pembeli tersebut akan mengolah ulang dengan sedikit meracik bumbu sederhana untuk menciptakan cita rasa yang lebih nikmat. Kegiatan olah ulang ini disebut kremes atau mengkremes, sehingga produk akhir krupuk usek ini dinamakan usek kremes.
Demikianlah pemaparan terkait krupuk usek sebagai camilan nikmat khas paninggaran. Mari kita sebagai warga paninggaran wajib mencintai serta mengkonsumsi produk lokal kita ini. Semakin banyak kita mengkonsumsi produk lokal kita, maka kita termasuk ikut serta meningkatkan dan mendongkrak perekonomian di wilayah kita sendiri.

0 Response to "Krupuk Usek Paninggaran"

Posting Komentar

Recent Posts