Pasar Paninggaran



Pasar Paninggaran

Pasar Paninggaran

Pasar Paninggaran – Halo Sedulur Paninggaran Gallery, pada kesempatan kali ini masmin paninggaran gallery akan berbagi artikel bacaan tentang pasar paninggaran. Sebenarnya salah satu pemicu utama sampai masmin semangat menulis artikel tentang pasar paninggaran ialah dikarenakan masmin termasuk orang yang sedikit peduli dan perhatian kenapa kok pasar paninggaran jarang terliput media, baik media tertulis maupun media yang bersifat video dokumentasi. (Cieee cieee ada yang sok peduli dan perhatian niiee)

Baik sedulur, sebelum masmin melanjutkan menulis. Alangkah baiknya kalau sedulur paninggaran gallery dapat mengetahui beberapa media sosial aktif yang dikelola oleh masmin paninggaran gallery. Berikut ini beberapa media yang aktif dan eksis :

1.      Akun Instagram : www.instagram.com/paninggaran_gallery
2.      Akun Facebook : www.facebook.com/gallerypaninggaran
3.      Fans Page : Paninggaran Gallery
4.      Situs Blog : www.paninggaran-gallery.blogspot.com

Silahkan jika sedulur belum follow dan mengikuti akun media sosial diatas, sedulur bisa berpartisipasi aktif untuk menyambung seduluran (persaudaraan) kita di paninggaran.

Pasar Paninggaran – merupakan pasar jenis tradisional yang berada di kecamatan paninggaran, dimana pasar inilah tempat utama perputaran perekonomian masyarakat paninggaran dan sekitarnya. Pasar ini biasa digunakan oleh masyarakat paninggaran untuk melakukan sebuah transaski jual beli berupa kebutuhan pokok atau jual beli hasil bumi seperti pisang, jahe, jengkol, kolang-kaling, jagung dan hasil bumi lainnya. 

Secara geografis, pasar paninggaran terletak pada Lokasi wilayah dekat kantor Kecamatan Paninggaran dan tepatnya didepan Kantor Puskesmas Paninggaran. Pasar yang masih tradisional ini sempat dibangun dan direnovasi ulang, yakni terakhir renovasi sekitar pada tahun 2009-2010. Dengan adanya renovasi ulang, al-hasil pasar paninggaran dapat tertata rapih dan bersih sebagaimana yang pernah kita lihat. 

Letak Pasar Paninggaran Pada Maps - Peta Google


Berbeda dengan pasar-pasar modern pada kota-kota besar yang ada di Indonesia, pasar paninggaran ini memiliki ciri khas dengan jadwal perputaran perekonomian ramai yakni pada hari-hari tertentu saja. Adapun hari-hari tersebut ialah pada hari-hari yang berpasangan dengan rangkap jawa Wage dan rangkap jawa Manis (legi). Misalnya : hari senin manis, hari kamis wage, hari jum’at manis dan seterusnya. Untuk menjaga stabilitas perekonomian yang terkumpul pada hari berikutnya, maka pada hari-hari yang berpasangan dengan rangkap jawa pahing, on dan kliwon maka pasar ini tutup sebagian atau bahkan mayoritas tutup tidak ada yang beraktifitas.

Jika kita mencoba berkunjung ke pasar paninggaran sewaktu ramai, maka disana kita dapat membeli beberapa keperluan bahan pokok, keperluan rumah tangga, keperluan pertanian dan bangunan. Seperti yang kita lihat ada gambar dibawah ini.

Aktivitas Pasar Paninggaran

Gambar diatas merupakan dokumentasi pasar paninggaran ketika warga paninggaran yang sedang berjualan perlengkapan pertanian. Disana biasanya menjual perlatan lengkap berupa cangkul, arit, cengkrong, sampai peralatan pertanian yang berkapasitas kecil seperti alat untuk memanen padi.
Jika kita telusuri lebih dalam, pasar paninggaran ini merupakan pasar yang dapat kita beri istilah wadah pemersatu masyarakat paninggaran. Dimana pasar ini terbukti mampu menguatkan seduluran secara global diwilayah Kecamatan Paninggaran. Hal ini dapat kita buktikan melalui contoh sebagai berikut. Tidak sedikit para juragan-juragan atau pedagang-pedagang yang ketika memiliki hajat pernikahan atau khitanan (sunatan), maka juragan atau pedagang tersebut dapat mengundang para pelanggan tetapnya yang dapat menghadiri acara hajatannya. 

Dengan hal ini dapat kita simpulkan, bahwa pasar paninggaran memiliki peran dan fungsi besar dalam membangun Kecamatan Paninggaran. Tidak hanya membangun perekonomian saja, melainkan terbukti mampu membangun ikatan kekeluargaan, persaudaraan, dan seduluran yang sangat kuat.


0 Response to "Pasar Paninggaran"

Posting Komentar

Recent Posts